4 Pilihan Obat Sakit Gigi Anak yang Tepat

Sakit gigi yang berkepanjangan bisa membuat anak menjadi sering rewel. Oleh sebab itu, Anda harus memberikan obat sakit gigi Anak agar gejalanya bisa dihilangkan. Pilihan obat yang memang sudah terbukti kegunaannya dan juga sudah mendapatkan izin dari BPOM.

Sakit gigi anak ini bisa saja terjadi karena adanya penumpukan plak, pembusukan gigi, gigi berlubang, gigi tumbuh, dan adanya makananan yang terselip di gigi. Selain itu, untuk mengetahui kesehatan gigi Anda juga lihat dari warna giginya. Berikut rekomendasi obat sakit gigi anak.

1. Parasetamol

Parasetamol adalah obat sakit gigi paling popular digunakan. Obat ini akan meredakan nyeri di gusi, sakit kepala, meriang, dan juga demam. Anda bisa membelinya tanpa harus mendapatkan resep dari dokter. Meskipun demikian, Anda harus tetap membaca serta mengikuti anjuran yang ada pada kemasan atau bisa langsung tanyakan pada apotekernya.

Baca juga: Obat Sakit Gigi Berlubang, Ampuh Atasi Nyeri Gigi

Obat ini diperbolehkan dikonsumsi untuk anak usia 2 bulan ke atas jika berat badannya mencukup yaitu lebih dari 4 kg. Selain itu, Anda juga harus perhatikan dosisnya. Sebab dosis untuk anak-anak tidaklah sama dengan dosis orang dewasa.

2. Ibuprofen

Ada lagi obat sakit gigi yang direkomendasikan untuk anak Anda yaitu Ibuprofen. Ini termasuk golongan NSAID yang berperan sebagai antinyeri. Obat ini akan bekerja dengan mencegah produksi zat penyebab inflamasi pada gigi anak. Ibuprofen sendiri diperbolehkan untuk dikonsumsi pada anak usia 3 bulan jika berat badannya lebih dari 5 kg. Namun jika anak Anda mengidap penyakit seperti ginjal, asma, dan hati sebaiknya hindari pemberian obat ini.

3. Naproxen

Naproxen juga bisa menjadi pilihan obat sakit gigi untuk anak. Ini akan mengurangi rasa sakit serta pembengkakan pada gigi anak Anda. Tentunya akan bekerja maksimal jika Anda mengikuti semua aturan yang dianjurkan dalam pemakaiannya. Jangan sampai Anda menambah dosis dari yang telah dianjurkan.

Baca juga: Mudah dan Aman, Berikut 5 Tips Diet Sehat untuk Remaja

Apabila muncul efek samping seperti gatal, kesulitan bernafas, adanya pembengkakkan di wajah, blidah, bibir, dan tenggorokan maka segeralah bawa dan cek ke dokter. Selain itu efek samping yang normal adalah mual, pusing, kram di perut, mudah mengantuk, dan terasa nyeri di bagian ulu hati. Oleh sebab itu, Anda haus menggunakan obat ini dengan bijak.

Namun, jika anak Anda juga sedang mengkonsumsi obat lain, ada baiknya tanyakan dulu pada dokter. Ini berfungsi agar anak terhindar dari interaksi obat yang akan memicu munculnya penyakit lain dan memperparah sakit gigi anak.

4. Dentasol

Apabila anak mengalami sakit gigi, maka Dentasol bisa jadi salah satu pilihannya. Caranya yaitu dengan meneteskannya pada bagian gigi atau gusi yang nyeri. Sebab bentuk kemasan dari Dentasol ini gel atau cairan kental. Kandungan di dalamnya akan berperan sebagai zat patirasa dan antiseptik.

Namun, obat ini bukanlah diminum apalagi ditelan. Anda harus mengeluarkannya lagi, Sehingga obat ini hanya disarankan untuk anak Anda yang mungkin sudah memahami cara membuang air ludah dan paham jika obat ini tak boleh ditelan sama sekali.

Baca juga: Pertanian Organik di Indonesia Semakin Menarik

Selain keempat obat diatas, Anda juga bisa gunakan cara alami seperti mengompres dengan es pada bagian yang sakit. Diharapkan rasa dinginnya akan membantu menghilangkan rasa nyeri pada gigi anak.

Itulah rekomendasi obat sakit gigi anak yang diketahui sangat ampuh dalam mengatasi nyeri. Perlu diingat bahwa jika muncul efek yang tidak semestinya, maka sudah seharusnya Anda hubungi dokter terdekat.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.