Obat Bisul Anak Paling Ampuh dan Aman di Apotik

obat bisul anak

Bisul bisa menyerang kulit siapa saja termasuk anak-anak. Bisul merupakan infeksi kulit yang umum terjadi. Namun seringkali memberikan rasa yang tidak nyaman, serta diiringi dengan rasa gatal dan nyeri. Orangtua tidak perlu panik, karena ada obat bisul anak yang akan membantu menyembuhkan bisul tersebut.

Bisul memang bisa sembuh dengan sendirinya akan tetapi akan lebih baik jika Anda gunakan obat bisul anak sebagai pengobatannya. Karena ditakutkan bisa menimbulkan resiko komplikasi yang lebih parah.

Orang tua juga perlu berhati-hati saat memilih obat bisul anak. Pastikan obat tersebut memang ampuh dan tepat. Anda juga bisa dapatkan rekomendasi dari dokter atau dengan membaca artikel di bawah ini.

1. Salep Fuson

Salep ini sudah terbukti efektif dalam mengatasi infeksi akibat bakteri Corynebacterium, Staphylococcus, Streptococcus, dan Clostridium. Cara kerja asam fusidat imi yaitu dengan menghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab infeksi tersebut.

Zat aktif ini bekerja dengan sangat cepat terutama bisul yang terjadi pada sebagian kecil area kulit. Cara penggunaannya pun juga sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskan salep fuson ke area kulit yang terkena bisul. Namun, pemberian obat ini hanya boleh untuk anak yang sudah berusia diatas 2 tahun dan tentunya sudah mendapatkan anjuran dari dokter.

2. Salep Gentamicin

Gentamicin sudah dikenal kemampuannya dalam mengatasi berbagai penyakit karena bakteri. Obat ini tersedia dalam bentuk salep, krim, injeksi, tetes, dan infus. Namun, gentamicin hanya boleh digunakan jika sudah mendapatkan resep dokter.

Untuk pemakaiannya cukup dioleskan saja tipis-tipis di area bisul. Akan tetapi, antibiotic ini tidak boleh digunakan lebih dari 2 minggu karena bisa meningkatkan resistensi si bakteri terhadap antibiotik.

Kemudian untuk anak yang memiliki riwayat penyakit seperti ginjal, gangguan saraf otot, ketidakseimbangan elektrolit, myasthenia gravis, dan asma maka tidak direkomendasikan sebab bisa meningkatkan risiko timbulnya komplikasi dan juga efek samping.

Tak hanya itu, anak yang sebelumnya sudah menerima vaksinasi atau imunisasi seperti vaksin tifoid atau BCG sebaiknya hindari pemakaian salep gentamicin ini. Adapun merk dagang yang bisa Anda jumpai di pasaran antara lain Betasin, Garapon, Ikagen, Gentason, Konigen, Salticin, Sagestam, Bioderm, Cendo Genta 1%, dan Ximex Konigen.

3. Salep Mupirocin

Salep mupirocin juga digunakan untuk mengobati bisul anak. Cara kerjanya juga sama yaitu dengan menghambat bakteri penyebab bisul tersebut. Selain itu, juga bisa mengobat miasalah kulit lainnya seperti herpes, eksim, impetigo, dan psoriasis.

Cara kerja lain dari Mupirocin ini yaitu dengan menghalangi enzim isoleucyl-tRNA sintetase. Tanpa adanya enzim ini, maka bakteri akan mati secara perlahan sehingga bisa penyembuhan bisa lebih cepat.

Meskipun obat ini diperbolehkan untuk anak-anak diatas 3 bulan namun ada efek samping yang harus diperhatikan. Sebab kandungan di dalamnya bisa mempengaruhi ginjal, membuat kulit menjadi gatal dan kadang terasa panas di area bisul, pembengkakkan di wajah, dan juga sesak nafas.

Oleh karena itu, orangtua harus memperhatikan sekali petunjuk pemakaian dari obat ini. Adapun merk dagang obat ini yang beredar di pasaran antara lain Bactroban, Mupicor, Mupirocin, Pibaksin, Muprin, Bactoderm, Mertus, dan Pirotop.

Itulah pilihan obat bisul anak yang harus diberikan orangtua ketika mengalami kejadian seperti ini. MEngingat bahwa tidak semua obat bisul yang dijual di apotik cocok dan aman untuk anak. Sehingga orangtua harus berikan perhatian lebih terkait hal ini agar tidak terjadi resiko efek samping yang tidak diinginkan.

Baca juga : Obat Gatal Anak yang Paling Ampuh Atasi Kulit Alergi

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.