Daftar Obat Muntah Anak yang Bisa Didapatkan di Apotik

obat muntah anak

Kondisi muntah yang sering menimpa anak pastinya membuat Anda sangat khawatir. Apalagi jika muntah disertai keluarnya cairan kuning dan bercak darah. Sebenarnya, Anda tak perlu panik apabila anak muntah karena cukup atasi dengan pemberian obat muntah anak.

Pada umumnya, muntah yang dialami oleh anak disebabkan karena adanya gangguan dari sistem pencernaan. Selain itu juga disebabkan karena alergi terhadap makanan, keracunan makanan, radang usus buntu, atau gastroenteritis.

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya harus tetap menjaga pola makan anak meskipun ia mulai beranjak dewasa. Jika sudah terjadi hal seperti ini maka sebaiknya periksakanlah anak ke dokter. Adapun pemilihan obat muntah anak di apotik antara lain:

1. Ondansetron

Biasanya obat ondansetron ini hanya bisa dikonsumsi Anak apabila berada dibawah pengawasan dokter. Selain ini juga takaran dosis danw aktu pemberiannya ditentukan oleh dokter itu sendiri. Obat ini dikonsumsi untuk anak yang menderita mual serta muntah akibat muntaber akut.

Mekanisme kerja obat ini adalah dengan menghalangi aksi serotonin yaitu zat alami yang diproduksi otak untuk memicu muntah dan mual. Efek samping yang akan ditemukan antara lain sembelit, pusing, sakit kepala, mulut kering, diare, wajah memerah, dan hangat. Namun, sebaiknya segera hubungi dokter jika mengalami efek samping serupa.

2. Domperidone

Domperidone merupakan obat yang memperlancar gerakan makanan dari lambung ke usus. Sehingga apabila makanan mengalir lebih cepat, maka rasa ingin mual muntah bisa cepat dicegah dengan obat ini. Selain itu ia juga menghambat sinyal penyebab muntah di otak.

Domperidon ini sudah tersedia dalam bentuk cairan puyer dan tablet di apotik. Kemudian jika mengalami efek samping seperti sakit kepala, diare, mulut kering, ngantuk, dan kram perut, sebaiknya segera hubungi dokter.

Baca juga : Manfaat susu kedelai Melilea untuk Kesehatan

3. Metoclopramide

Obat ini termasuk golongan prokinetic. Ia akan memicu pengosongan isi lambung lebih cepat dan juga mampu mengurangi rasa mual muntah. Obat ini umumnya dikonsumsi oleh anak yang asam lambungnya sering naik karena mengidap gejala GERD.

Selain itu ia juga bekerja dengan cara memperkuat otot sfingter yang akan menghubungkan kerongkongan dan perut agar ia menutup lebih erat. Sehingga asam lambung yang timbul karena GERD tidak akan naik ke kerongkongan dan anak tidak akan muntah.

Adapun untuk efek samping dari metoclopramide adalah diare, sakit kepala, kantuk, mulut kering, dan kram. Hubungi dokter apabila anak Anda mengalami efek samping seperti yang disebutkan di atas.

4. Dimenhydrinate

Ini merupakan obat golongan antihistamin yang bisa Anda gunakan untuk anak saat mencegah mual muntah karena mabuk di perjalanan. Ia akan bekerja dengan cara memblokir pusat muntah di otak. Kemudian dimenhydrinate juga akan menjaga keseimbangan sinyal yang telah dikirimkan ke otak.

Namun, obat ini harus mendapatkan resep langsung dari dokter dan hanya boleh digunakan untuk anak yang usianya di atas 2 tahun. Adapun efek samping yang bisa terjadi antara lain pusing, mengantuk, mulut kering, muncul lendir di bagian hidung dan tenggorokan. Berikan perhatian lebih jika anak Anda mengalami efek samping diatas dan kalau perlu hubungi dokter sesegera mungkin.

Itulah 4 pilihan obat muntah anak di apotik. Perlu diperhatikan jika muntah anak tak kunjung usai setelah sehari bisa jadi penyebab muntah adalah keracunan makanan atau infeksi. Maka sebaiknya segera Anda bawa ke dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.