Apa itu Penyakit Autoimun dan Kenali Penyebab, Gejala, Serta Contohnya!

apa itu penyakit autoimun

Penyakit autoimun muncul saat sistem pertahanan alami tubuh gagal membedakan sel-sel tubuhnya sendiri dengan sel asing. Sehingga tubuh keliru dan akhirnya menyerang sel-sel normal. Namukah apakah Anda sudah tahu apa itu penyakit autoimun?

Pengertian Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun merupakan suatu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh seseorang akan menyerang tubuhnya sendiri. Penyakit autoimun terdiri dari 80 lebih penyakit. Diantaranya juga ada yang mengalami gejala serupa misalnya seperti nyeri otot, kelelahan, dan demam.

Dalam keadaan normal, biasanya sistem imun akan menjaga tubuh Anda dari berbagai serangan organisme asing seperti virus dan bakteri. Jika sudah diserang, maka sistem imun Anda akan melepaskan protein yang dikenal antibodi agar bisa melawan organism easing tersebut dan mencegah munculnya penyakit.

Namun, pada penderita penyakit autoimun sistem kekebalan tubuh menanggapi sel yang sehat sebagai organisme asing. Sehingga antibodi mulai dilepaskan dan menyerang sel sehat Anda.

Penyebab Penyakit Autoimun

Adapun untuk penyebab penyakit autoimun sendiri memang belum bisa diketahui secara pasti. Akan tetapi ada beberapa faktor yang diklaim bisa meningkatkan resiko seseorang terkena penyakit autoimun ini, antara lain:

  • Berjenis kelamin perempuan
  • Perokok aktif
  • Riwayat genetic
  • Berat badan berlebih
  • Penggunaan obat-obatan yang mempengaruhi sistem imun (obat simvastatin atau antibiotic)
  • Terinfeksi bakteri dan virus
  • Terkena paparan bahan kimia

Gejala Penyakit Autoimun

Gejala awal untuk penyakit autoimun ini umumnya hampir sama. Adapun gejala yang paling sering ditemui itu adalah sebagai berikut:

  • Demam ringan
  • Ruam kulit
  • Kelelahan
  • Sulit konsentrasi
  • Pegal otot
  • Rambut rontok
  • Kesemutan di tangan dan kaki

Contoh Penyakit Autoimun

Berikut dijelaskan beberapa jenis penyakit autoimun yang paling sering terjadi.

1. Diabetes Melitus Tipe 1

Pada penderita diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh akan menyerang serta menghancurkan sel yang memproduksi insulin pada pankreas. Gula darah yang tinggi ini bisa menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan organ lainnya seperti ginjal, mata, jantung, dan saraf.

2. Rheumatoid Arthritis (RA)

Sistem kekebalan tubuh pada penderita RA akan menyerang sendi. Biasanya akan menyebabkan peradangan, rasa panas, kekakuan pada persendian, dan nyeri. RA bisa muncul saat umur seseorang 30-an, bahkan bisa lebih cepat.

3. Lupus

Ini termasuk penyakit autoimun yang bersifat kronis dan mengakibatkan terjadinya peradangan pada sistemik dan juga bisa menyebar lebih luas lagi. Lupus bisa menyerang bagian seperti kulit, pembuluh darah, dan persendian.

Hingga saat ini masih belum ada obat yang cocok. namun yang terpenting adalah Anda harus merubah gaya hidup menjadi lebih sehat agar bisa mengendalikannya. Umumnya penderita lupus lebih banyak wanita.

Gejala yang lebih parah bisa saja terjadi saat wanita tersebut hamil dan menstruasi.sebab beberapa professional medis melakukan pengamatan dan meyakini bahwa hormon estrogen yang ada pada wanita bisa menjadi penyebab terjadinya lupus.

4. Psoriasis

Psoriasis merupakan kondisi dimana munculnya bercak-bercak warna merah dan  bersisik di kulit. Pengidap penyakit psoriasis akan mengalami kondisi yang sulit sebab pertumbuhan siklus hidup untuk sel-sel kulitnya sangat cepat.

5. Vasculitis

sistem kekebalan tubuh akan cenderung menyerang sistem kekebalan serta merusak pembuluh darah. Vasculitis juga akan mempengaruhi semua organ. Oleh sebab itulah, gejalanya sangat bervariasi dan hampir dirasakan oleh semua bagian tubuh.

Itulah penjelasan tentang apa itu penyakit autoimun, gejala, penyebab, hinga contoh penyakit autoimun itu sendiri. Jika Anda mengalami gejala serupa, diharapkan segera melakukan pemeriksaan dini ke dokter agar bisa mengurangi resiko penyakit autoimun.

 

 

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.