5 Rekomendasi Obat Sariawan untuk Bayi Anda

obat sariawan untuk bayi

Bayi yang sedang menderita sariawan pasti akan membuatnya selalu rewel dan tidak nyaman. Sariawan bisa disebabkan karena berbagai hal, namun pada umumnya pada bayi kemungkinan adalah karena dehidrasi, kurang vitamin, atau tidak sengaja menggigit lidah dan pipi. Oleh sebab itu, Anda harus segera memberikan obat sariawan untuk bayi agar segera bisa diatasi.

1. Miconazole Cream

Pada umumnya dokter akan memberikan rekomendasi pada Anda untuk menggunakan miconazole cream. Produk ini berbentuk gel yang dioleskan pada bagian mulut bayi. Namun sebelum Anda mengaplikasikannya, pastikan dulu jari Anda sudah steril dan terbebas dari kuman apapun agar tidak memperparah sariawan bayi.

Pengolesan obat sariawan ini jangan dilakukan pada bagian belakang mulut, karena bisa jadi anak tersedak. Obat sariawan ini memang terbilang efektif, namun biasanya akan menimbulkan efek samping tertentu setelah pemakaian. Oleh sebab itu, Anda harus konsultasikan dulu pada dokter sebelum miconazole ini diberikan pada bayi. Selain itu, tanyakan juga dosis yang aman dan tepatnya.

Baca juga: Pertanian Organik di Indonesia Semakin Menarik

2. Nystatin

Biasanya obat nystatin cari ini digunakan sebagai antijamur pada mulut dan vagina. Mekanisme kerjanya yaitu menghentikan pertumbuhan jamur. Kemudian untuk kemasannya sendiri nystatin ada yang drop dan salep.

Kemampuannya sebagai antijamur ini tentu akan sangat berguna dalam menyembuhkan sariawan pada bayi Anda. Sebelum digunakan jangan lupa untuk mengocoknya terlebih dahulu. Namun, jangan lupa juga untuk hubungi dokter agar mengetahui dosis yang tepat. Sekaligus cara pemakaian obat nystatin untuk sariawan pada bayi.

3. Obat Topikal yang Mengandung Hyaluronic Acid 0,2%

Selanjutnya obat yang bisa direkomendasikan untuk bayi Anda adalah obat topikal yang didalamnya sudah terkandung hyaluronic acid 0,2&. Ini bekerja dengan cara memberikan lapisan terluar pada sariawan. Sehingga saraf yang terbuka pada bagian sariawan tersebut tidak akan terlalu sensitif.

Hasilnya nanti akan memungkinkan si bayi tak merasa nyeri lagi. Sehingga bayi kembali bisa menyusu dan makan seperti biasanya tanpa adanya rasa sakit lagi. Selain itu kandungan ini juga akan menghidrasi jaringan mulut si bayi yang sedang luka karena sariawan dan ini tentunya akan mempercepat proses penyembuhan sariawan bayi.

Baca juga: Tips Diet Sehat untuk Remaja

4. Obat Oles Penciclovir dan Acyclovir

Mekanisme kerja kedua obat ini adalah dengan menghilang bakteri serta virus yang menjadi penyebab sariawan. Khusus jenis sariawan yang memang disebabkan oleh virus herpes.

Untuk pemakaiannya yaitu dengan mengoleskan obat ini pada area yang luka sekali dalam 2 jam, kecuali jika bayi Anda sedang tidur. Lakukan pemakaian rutin hingga 4 hari atau Anda juga bisa segera konsultasikan ke dokter agar bisa diketahui dosis dan cara pemakaian yang tepat.

5. Parasetamol

Parasetamol tidak hanya bisa digunakan untuk mengobati demam tetapi juga sebagai obat sariawan pada bayi Anda. Dikutip dari NHS UK, parasetamol aman dikonsumsi oleh anak yang usianya diatas 2 bulan. Anda bisa pilihkan parasetamol yang berkemasan sirup atau drops agar si bayi lebih mudah mengkonsumsinya.

Baca juga: Pilihan Obat Sakit Gigi Anak yang Tepat

Mekanisme kerja obat ini yaitu dengan menghambat serta menekan proses biosintesis pada prostaglandins di bagian sistem saraf pusat. Prostaglandin merupakan senyawa kimia yang akan memunculkan rasa nyeri serta inflamasi pada tubuh Anda.

Inilah 5 rekomendasi obat sariawan untuk bayi Anda. Jangan lupa juga konsultasikan ke dokter sebelum mulai memberikan obat ini pada bayi. Untuk mencegah terjadinya sariawan, Anda harus ditingkatkan lagi kebersihan mulut pada bayi dan pilihlah makanan yang sehat serta jangan lupa berikan air putih secukupnya.

 

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.