Memiliki berat badan yang ideal selalu jadi perhatian utama banyak kalangan sejak dahulu. Banyak upaya yang dilakukan, salah satunya ialah dengan menjalani program diet. Tetapi, taukah Anda jika diet seimbang sangat penting bukan hanya demi mendapatkan tubuh yang ideal tetapi juga membuat tubuh jadi lebih sehat.

Diet seimbang

Pada prinsipnya diet seimbang ialah dengan mengonsumsi beragam jenis makanan berbeda untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan gizi yang seimbang. Dalam diet yang seimbang, idealnya dalam porsi makanan harus terdiri dari berbagai macam jenis nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, serat, dan juga vitamin.

Menjalani diet hanya dengan satu jenis makanan saja tanpa tambahan nutrisi yang lain, misalnya hanya dengan sayur atau buah saja tentu kurang baik bagi kesehatan. Bahkan dapat membuat tubuh kekurangan asupan gizi yang seimbang. Belakangan buah dan sayuran terus saja dipromosikan sebagai cara ampuh untuk bisa menurunkan berat badan. Hal ini karenna keduanya memang mengandung banyak nutrisi baik yang dibutuhkan tubuh dan yang terpenting rendah kalori.

Hal ini didukung dengan adanya penelitian dari kedokteran PLOS, dimana munculnya tren diet untuk mengatur pola makan yang diklaim mampu menurunkan berat badan dengan sukses. Salah satunya dengan mengkonsumsi sayuran dan buah. Meskipun manfaatnya sangat bagus, namun harus peru didukung dnegan konsumsi nutrisi yang lain agar kebutuhan tubuh makin seimbang.

Tips Diet Seimbang

Berat badan yang ideal menjadi idaman sebagian besar wanita. Ada begitu banyak cara yang dapat dilakukan agar bisa mendapatkan tubuh ideal. Salah satunya ialah dengan diet, cara ini termasuk yang paling mudah, murah dan tentunya lebih sehat.

Baca juga: Diet Melilea

Namun supaya program diet yang dijalankan tak sembarangan sehingga dapat membahayakan kesehatan, apalagi jika hanya memilih diet sayur dan buah saja. Tentunya ada banyak hal yang mesti diperhatikan. Simak tips diet seimbang berikut ini.

1. Perbanyak Konsumsi Serat

Serat menjadi salah satu nutrisi penting yang dapat membantu menurunkan berat badan sekaligus menjaganya suaya tidak naik kembali dengan cepat. Nutrisi ini dapat ditemukan dalam sayur dan buah serta kacang-kacangan.

Selain mampu menjaga berat badan, makanan yang kaya akan serat juga dapat melancarkan pencernaan sehingga membuat zat sisa dalam tubuh tak terlalu lama mengendap .

2. Kurangi Konsumsi Karbohidrat Olahan

Saat memutuskan untuk diet, maka sebaiknya untuk menghindari konsumsi karbohidrat olahan. Karbohidrat jenis ini merupakan karbohidrat yang sudah diolah sedemikian rupa yang menyebabkan serat hingga nutrisi baik yang terkandung di dalamnya pun jadi hilang. Karbohidrat olahan ini jenisnya bermacam-macam, mulai dari tepung, pasta hingga roti tawar.

Sebagai gantinya, pilih karbohidrat kompleks yang lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Misalnya saja kentang, beras merah, quinoa, kentang ataupun jagung.

Baca juga: Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan

 3. Perbanyak Minum Air

Membiasakan diri untuk selalu minum air putih beberapa saat sebelum makan dapat membuat tubuh merasa kenyang dengan lebih cepat sehingga konsumsi jauh lebih sedikit. Selain itu, asupan air minum yang seimbang mampu menjaga tubuh jadi lebih terhidrasi. Sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh secara menyeluruh.

4. Hindari Konsumsi Makanan serta Minuman Manis

Biasanya, makanan ataupun minuman manis mengandung pemanis tambahan. Selain kurang baik untuk tubuh, nyatanya gula atau pemanis tambahan sesungguhnya tak punya kandungan nutrisi baik bagi tubuh. Bahkan jika dikonsumsi secara berlebihan bisa mengganggu kesehatan. Dari mulai memicu obesitas hingga penyakit diabetes yang membahayakan tubuh.

Tertarik dengan gaya hidup sehat dan organik ala Melilea? Tunggu apalagi, ikuti “Program T90 Melilea” yang akan membantu Anda melakukan detoksifikasi pada tubuh hanya dalam waktu 90 hari. untuk informasi lebih detail klik Melilea T90 sekarang juga!