Sebagaimana kulit pada umumnya, kulit wajah juga memiliki beberapa jenis sesuai kategorinya. Dari kulit berjenis normal, berminyak, kering, juga sensitif. Sebagian orang bahkan memiliki kulit wajah yang berjenis kombinasi di beberapa area berbeda. Namun sayangnya tak semua wanita tahu bagaimana cara menentukan jenis kulit yang dimilikinya.

Jenis kulit pada wajah sangat tergantung pada sejumlah faktor, dari mulai kandungan air yang ada pada kulit yang dapat memengaruhi elastisitas pada kulit. Lalu kandungan minyak yang dapat memengaruhi kelembutan serta nutrisi kulit, hingga tingkat kepekaan kulit pada jenis zat tertentu.

Seiring bertambahnya usia, jenis kulit bisa saja berubah selain juga karena beberapa faktor lainnya, seperti penyakit maupun faktor genetik. Agar bisa memberikan perawatan yang tepat ada baiknya kenali dulu jenis kulit wajah yang dimiliki. Simak ulasan berikut agar lebih paham.

Jenis kulit normal

Cara menentukan jenis kulit kita normal ataukah tidak ialah dengan melihat dari warna kulit. Kulit wajah berjenis normal biasanya memiliki warna yang cenderung merata, dengan tekstur lembut dan juga halus, pori-pori wajah yang tak terlihat besar, tak memiliki jerawat, komedo, noda merah, maupun masalah kulit yang lain.

Selain itu, jenis kulit normal umumnya memiliki hidrasi serta tingkat sebum yang lebih seimbang sehingga kulit wajah tak mudah berminyak atau bahkan kering. Jenis kulit ini cenderung lebih mudah soal perawatan karena tidak gampang terpengaruh oleh produk apapun. Namun jangan lupa untuk memberikan treatment rutin, seperti mem

bersihkan secara teratur, gunakan pelembab  serta tabir surya ketika beraktivitas  outdoor. Namun dengan perawatan yang tepat kulit wajah normal akan membuatnya jadi makin sehat dan cantik.

Baca juga: Manfaat Susu Kedelai untuk Kecantikan

Jenis Kulit Sensitif

Jenis kulit wajah yang selanjutnya ialah kulit sensitif. Cara menentukan jenis kulit kita apakah memiliki kulit yang sensitif atau tidak cukup gampang. Coba periksa apakah wajah kerap berubah kemerahan, atau terasa kencang.

Apakah wajah kerap merasakan rasa seperti tertusuk, kerap merasakan sensasi panas yang tiba-tiba atau bahkan rasa perih? Jika Anda kerap mengalami hal-hal tersebut, bisa dipastikan bahwa Anda memiliki wajah dengan jenis kulit yang sensitif.

Kulit wajah sensitif tingkat toleransinya memang lebih rendah dibanding dengan jenis kulit normal. Jenis kulit ini cenderung reaktif pada produk kecantikan yang tidak sesuai dengan kondisi kulit. Selain itu faktor lingkungan seperti cuaca juga kerap berpengaruh pada kulit jenis ini.

Jenis Kulit Kering

Menurut penelitian, setidaknya ada sekitar 3 % populasi dunia yang memiliki jenis kulit wajah yang kering. Cara menentukan jenis kulit kering, misalnya dengan mengamati apakah setelah dibersihkan wajah jadi kurang nyaman  ataukah kulit terasa bersisik? Jika iya, maka jenis kulit wajah Anda ialah kulit kering.

Kulit kering memang setelah dibersihkan akan terasa kurang nyaman, apalagi jika salah treatment. Ini karena, jumlah sebum yang ada pada kulit kering jauh lebih sedikit. Hal ini membuat kelembaban kulit  berkurang dan pertahanannya pun lebih sedikit sehingga membuat kulit jadi terasa kering.

Solusinya, Anda bisa menyiasatinya dengan memberikan produk perawatan tepat yang mengandung moisturiser yang akan membuat kelembaban kulit wajah lebih terjaga. Hindari juga produk kecantikan yang mengandung alkohol dan bahan lain yang memicu dehidrasi pada kulit yang bisa membuat kulit jadi rusak.

Jenis Kulit Berminyak

Setelah kulit kering, sensitif dan juga normal, selanjutnya ada kulit wajah yang berminyak. Cara menentukan jenis kulit wajah yang berminyak pun tidaklah sukar.  Hal ini bisa dilihat dari kadar minyak wajah yang berlebih yang membuat wajah terlihat berkilau. Selain itu ukuran pori-pori kulit wajah yang berminyak juga cenderung lebih besar, serta lebih mudah muncul komedo maupun jerawat.

Kulit berminyak ini dipengaruhi banyak hal, dari mulai pubertas, lingkungan, gaya hidup, stres hingga efek dari konsumsi obat-obatan, misalnya antibiotik. Untuk merawat jenis kulit berminyak memang susah-susah gampang, salah pilih produk kecantikan bisa membuat kondisinya memburuk. Sebaiknya gunakan air hangat saat ingin mencuci wajah lalu gunakan pembersih wajah yang sesuai.

Baca Juga: Cara pakai Melilea Botanical skin care

Nah, demikian tadi cara menentukan jenis kulit wajah kita dan perawatannya. Setelah tahu jenis kulit yang dimiliki, selanjutnya Anda pun harus bisa memilih produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Pilih produk kecantikan wajah dengan kandungan yang tepat seperti Melilea Nourishing Facial Mask yang memiliki 2 varian. Untuk kulit normal hingga kering dan untuk kulit berminyak hingga kombinasi.  Selain itu masih ada banyak produk kecantikan lainnya dari Melilea yang sesuai jenis kulit Anda. Yuk cari tahu produk apa saja di Melilea Skin Care yang sesuai dengan jenis kulit.