Mengembangkan Bisnis dengan Digital Marketing

Mengembangkan Bisnis di era digital, tapi marketing masih konvensional? Bisa dan boleh saja, tapi target kita jadi terbatas pada orang-orang yang kita temui. Digital marketing menyelesaikan hampir 100% tugas pemasaran, yang akan bisa tetap diakses selama 24 jam non stop. Bisnis pun tetap jalan selama kita istirahat, bermain bersama keluarga, bahkan ketika kita tidur. Berikut cuplikan data pengunjung web ini dari Google Analytics.

Rangkaian artikel Bisnis yang dipersembahkan oleh Cantik Organik terdiri dari 4 seri, yaitu:

  1. Cara Sukses Menjalankan Bisnis Sampingan
  2. Memilih Bisnis yang Tepat, Simple, dan Menjanjikan
  3. Tips Mengembangkan Bisnis dengan Digital Marketing
  4. Level up, Bisnis Sampingan dengan Automatisasi

Dari grafik di atas kita bisa melihat, bahwa dalam 30 hari web ini dikunjungi tanpa henti, dan hampir 90% pengguna seluler. Bayangkan bila anda menggunakan cara konvensional, anda harus menjelaskan dari awal hingga akhir kepada semua calon konsumen anda. Jadi manfaatkan digital marketing untuk mengembangkan bisnis anda. Apa itu digital marketing, adalah model pemasaran menggunakan media digital dengan tujuan dapat menjangkau siapapun, kapanpun, dimanapun secara online. Nantinya kita bisa menyesuaikan target yang akan kita bidik. Kembali pada grafik di atas, kami menargetkan semua wilayah di Indonesia. Hanya memang karena kesamaan bahasa, banyak juga pengunjung dari Malaysia.

Strategi Digital Marketing

Dalam dunia pemasaran, penentuan strategi ini erat kaitannya dengan sumber daya kita dan rencana kita ke depan. Sebelum merumuskan strategi yang akan digunakan untuk digital marketing. Ada baiknya anda memiliki mentor, agar nantinya setiap taktik dan strategi yang anda jalankan lebih efektif dan efisien. Tidak perlu mengikuti kelas berbayar, ada begitu banyak tutorial gratis yang membahas secara khusus per strategi yang ada. Berikut ini strategi yang secara umum diterapkan:

1. SEO

Search Engine Optimization atau dalam bahasa Indonesia, optimasi mesin pencari. Adalah teknik yang digunakan untuk bisa tampil di halaman 1 mesin pencari dengan kata kunci tertentu. Langkah awal yang perlu dilakukan adalah meriset kata kunci yang mudah untuk dioptimasi. Banyak sekali tools yang bisa digunakan untuk melakukan riset kata kunci. Google adwords yang merupakan layanan iklan menyediakan tool ini secara gratis. Selanjutnya yang terpenting adalah konten, karena konten adalah raja. Dalam artian yang paling dipertimbangkan oleh google untuk bisa hadir di halaman 1.

2. Konten Marketing

Tidak hanya google, pengunjung web atau blog kita pasti membaca konten. Pemasaran pun dilakukan melalui konten, baik itu berupa artikel atau landing page. Apabila anda pernah mengklik iklan, maka kebanyakan kita akan mendarat di halaman yang berisi tentang promosi, itu lah yang disebut dengan landing page. Secara umum menggambarkan kekhawatiran pembaca dan dilanjutkan dengan memberikan solusi melalui produk yang dijual. Namun tidak sebatas di web atau blog saja, ketika menjual produk di marketplace, optimasi konten ini juga perlu dilakukan. Karena disitulah kita menjelaskan tentang produk, maka buatlah bahasa yang menarik.

Tentu saja selanjutnya adalah konten di Media Sosial juga perlu diperhatikan.

3. Sosial Media Marketing

Walaupun awalnya dibuat untuk tujuan interaksi sosial dengan saudara, teman, dan kenalan, namun seperti yang sudah kita ketahui bersama media sosial ini salah satu tempat yang efektif untuk berjualan. Selain web dan marketplace, jika anda ingin sukses menjalankan digital marketing, tetaplah bersosial. Salah satu kunci rejeki itu ada pada silaturahmi, jangan melulu memposting barang dagangan, bagikan juga info yang bermanfaat, walaupun itu copas. Ajaklah teman anda untuk berinteraksi secara wajar, bangun kedekatan kembali dengan teman atau saudara yang sudah jarang bertemu.

4. Email Marketing

Dengan adanya data dari grafik di atas, sudah jelas mayoritas pengunjung menggunakan telepon genggam. Dan kemungkinan besar itu adalah smartphone, yang pasti terinstall aplikasi email. Hal ini menjadikan email marketing salah satu strategi yang menarik untuk dilakukan. Mengirim info terbaru, promo, dan hal menarik lainnya ke pelanggan anda dengan mudah. Sudah banyak juga penyedia layanan automatisasi email marketing, baik itu lokal seperti kirim.email atau pun internasional.

5. Message Marketing

Aplikasi messaging sebenarnya bisa juga dianggap sebagai media sosial, karena juga mengandung unsur interaksi sosial. Namun di sini kami membedakan agar lebih jelas, karena sesuai dengan namanya message ini berbasis pesan. Platform yang biasa digunakan adalah WhatsApp dan Telegram. Kelebihan telegram, kita bisa melihat pesan yang ada sebelum kita bergabung dengan grup atau channel tertentu. Jangan dilupakan juga sms marketing, saat ini masih sering kita temui sms yang berisi iklan. Menggunakan SMS masking untuk menampilkan nama brand sebagai pengirim ditambah dengan geotargeting.

6. Afiliasi/Referral untuk Digital Marketing

Sistem afiliasi atau referral, strategi marketing ini juga banyak digunakan untuk mengajak customer turut berperan aktif memasarkan produk yang kita miliki. Tentunya dengan adanya sharing profit, hal ini cukup menarik minat orang yang ingin mendapatkan tambahan penghasilan. Pada umumnya sistem afiliasi ini membagikan link rujukan untuk suatu produk, dimana pada link tersebut terdapat kode unik yang menandakan ID orang yang memberi rujukan. Selanjutnya data kunjungan ini akan disimpan di dalam browser, sehingga ketika pengunjung baru membeli di lain waktu, masih akan tercatat sebagai rujukan dari link yang sudah tersimpan.

7. PPC atau Iklan Digital

Selain PPC atau Pay Per Click, ada juga tagihan iklan setiap kali ditampilkan. Selain itu juga ada model CPA (Cost Per Action), yang akan muncul ditagihan kita saat ada orang melakukan tindakan tertentu. Seperti mengisi form, menekan tombol WhatsApp, membeli produk dan lain sebagainya. Namun memasang iklan di google adwords atau facebook ads tidak semudah yang kita bayangkan. Yang perlu dipertimbangkan lebih lanjut adalah budget iklan dan penargetan yang tepat. Untuk penargetan kita harus mengenal dengan baik produk dan siapa yang akan kita bidik. Jenis kelamin, pekerjaan, hobi, minat, lokasi, dan sebagainya.

Kesimpulan Tips Mengembangkan Bisnis dengan Digital Marketing

Kita bisa memulai menjalankan salah satu dari beberapa yang dirasa paling memungkinkan. Apabila dana kita sangat terbatas, strategi yang paling memungkinkan adalah dengan sosial media. Maksimalkan jumlah pertemanan anda di FB, buat grup yang menarik. Begitu pula dengan instagram, sesekali perlu mengunggah foto saat sedang menggunakan produk. Kalau anda suka menulis yang agak panjang, bisa dengan membuat blog di wordpress.com atau blogspot. Bagikan artikel yang anda tulis di Media Sosial.

Digital marketing bukan sekedar memasarkan produk, tapi yang lebih penting dari itu adalah membangun brand. Buat brand anda terkenal sehingga menjadi rujukan atas produk yang anda pasarkan.