Tips Memilih Bisnis yang Tepat

Secara sederhana, memilih bisnis yang tepat ada pepatah yang tepat dari Sun Tzu. “Kenali dirimu, kenali musuhmu, dan kenali medan tempurmu. Dan kau akan memenangi seribu pertempuran”. Untuk bisa sukses dalam berbisnis anda harus mengenali diri anda sendiri. Di sisi yang lain juga perlu mengenali kompetitor, dan target pasar anda.

Rangkaian artikel Bisnis yang dipersembahkan oleh Cantik Organik terdiri dari 4 seri, yaitu:

  1. Cara Sukses Menjalankan Bisnis Sampingan
  2. Memilih Bisnis yang Tepat, Simple, dan Menjanjikan
  3. Tips Mengembangkan Bisnis dengan Digital Marketing
  4. Level up, Bisnis Sampingan dengan Automatisasi

Dalam memilih bisnis baik itu utama atau sampingan haruslah memperhatikan berbagai faktor yang sesuai dengan diri anda. Selain membahas tentang faktor yang tepat, kami juga akan memberikan contoh berdasarkan pengalaman, sehingga anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik.

1. Minat, Hobi, atau Keresahan

Betul sekali, hal sering anda pikirkan merupakan faktor utama dalam memilih bisnis. Tidak melulu tentang hal yang anda suka anda lakukan, bahkan hal yang sering meresahkan itu bisa jadi bisnis yang menjanjikan. Ada orang yang resah terhadap timbunan sampah, akhirnya mereka menciptakan sebuah karya hasil daur ulang sampah. Bahkan di era digital ini ada orang yang hobi sharing di media sosial, bisa sukses menjalankan bisnisnya dengan sharing menyisipkan produk untuk dijual. Orang-orang seperti ini biasanya memiliki moto “no sharing no closing”, tidak ada closing tanpa sharing.

2. Cari Contoh yang Sukses

Kebanyakan usaha di dunia ini bukan merupakan inovasi baru, tapi berdasarkan kebutuhan dan peluang. Tidak perlu mencoba membuat ide bisnis baru yang bisa mengguncang dunia, perhatikan sekitar kita, apakah ada contoh yang sudah sukses menjalankan bidang usaha yang akan kita rintis. Hanya perlu mencontoh konsep usahanya dan kalau perlu bisa menambahkan hal yang dirasa masih kurang. Konsep ini sering dikenal dengan istilah ATM, “Amati, Tiru, Modifikasi”.

Jadikan kompetitor sebagai mentor dan mentor akan berhasil jika muridnya lebih baik. Sudah bukan jamannya kita menjatuhkan lawan, ini adalah saat kita belajar dari mereka. Tidak menutup kemungkinan nantinya mereka juga akan mempelajari kita, begitu seterusnya.

3. Fokus pada Satu Bisnis

Mentor saya bilang, Banyak usaha yang gagal karena ditinggal saat belum panen. Ibarat menanam buah, kita harus sabar menunggu dan merawatnya dengan baik. Juga tidak melulu seperti bercocok tanam yang sudah diketahui masa panennya. Usaha yang kita lakukan terkadang tidak dapat dipastikan waktu keberhasilannya. Untuk itulah kita perlu fokus dulu pada satu bidang bisnis, agar kita dapat memahami prosesnya dengan baik dan benar. Jika anda sudah memilih bidang yang anda sukai, maka jadilah ahlinya ahli dalam bidang tersebut.

4. Faktor Memilih Bisinis yang Berkembang

Tetangga saya memulai bisnis bakso dengan satu gerobak bakso yang di dorong sendiri. Saat ini sudah memiliki 5 rombong dengan mengajak rekan-rekannya dari desa. Walaupun masih dibilang sederhana, itu adalah contoh usaha yang berkembang. Pada dasarnya semua bisnis bisa dikembangkan, tergantung bagaimana rencana dan peluang. Karena kondisi yang stagnan itu adalah gejala bisnis kita tidak baik.

5. Pertimbangkan Bisnis Network

Banyak sekali bisnis yang berbasis network marketing atau MLM di Indonesia. Bisnis model ini bisa dijalankan dengan modal yang minimalis. Dengan adanya marketplace seperti Bukalapak, Lazada, Shopee, dan sebagainya, kita bisa lebih mudah mempromosikan produk kita. Di sisi yang lain adalah media sosial, adalah tempat yang cocok untuk berbagi informasi mengenai testimoni dan keunggulan produk.

Contoh Kasus Cantik Organik

Kami di sini adalah kumpulan orang yang meresahkan tentang kesehatan, terutama produk organik, karena kekhawatiran semakin banyaknya zat kimia yang tidak baik masuk ke dalam tubuh kita. Melilea sebagai pengusung makanan organik yang sudah terbukti manfaatnya adalah pilihan yang tepat bagi kami. Sebagai detoksifikasi, mengeluarkan racun yang bersemayam dalam tubuh, memperbaiki fungsi organ tubuh, dengan komposisi kandungan nutrisi yang pas.

Baca juga: Kumpulan Artikel Manfaat Melilea

Melilea sebagai bisnis dengan model network marketing sudah memiliki banyak sekali member yang beromset ratusan juta bahkan milyaran rupiah. Founder Cantik Organik adalah seorang pegawai yang tidak memiliki banyak waktu luang. Sehingga memilih bisnis network marketing dengan menggunakan fasilitas website online shop. Ditunjang dengan Optimasi mesin pencari, berbagai kata kunci yang mengandung kata “Melilea” sudah berada di posisi halaman 1. Hal ini menjadikan Cantik Organik banyak dikunjungi.

Pada tahap kedua, pembuatan website tools marketing untuk member. Sehingga member diharapkan juga bisa berkembang dan mudah berbagi informasi. Salah satu fitur unggulan tools marketing ini adalah landing page yang bisa dibuat unik untuk setiap member dan nomer WA yang sesuai dengan nomer dari masing-masing member. Dengan hadirnya tools ini member Melilea yang tergabung di Cantik Organik bisa menjalankan bisnis dengan lebih simpel.

Baca juga: Menjalankan dan Mengembangkan bisnis Melilea tanpa Ribet