Kesegaran minum air perasan jeruk lemon sudah pasti mengundang banyak orang untuk mengonsumsinya. Tak jarang pula yang menjadikan air lemon sebagai minuman favorit. Selain rasanya yang segar, manfaat jeruk lemon untuk kesehatan adalah alasan jeruk ini banyak diminati. Yuk kita simak kandungan gizi jeruk lemon sebelum kita membahas manfaatnya.

Kandungan gizi Jeruk Lemon

Berikut ini kandungan gizinya yang dikopas mentah-mentah dari honestdocs.id dalam artikel https://www.honestdocs.id/kandungan-manfaat-jeruk-lemon-untuk-kesehatan-kecantikan

GiziJumlah / 100 gram
 Vitamin B10,04 mg
 Vitamin C27 mg
 Air86 gram
 Asam askorbat49 mg
 Energi51 kal
 Fosfor23 mg
 Protein0,9 gram
 Lemak0,2 gram
 karbohidrat11,4 gram
 Mineral0,5 gram
 Kalsium33 mg
 Kalium138 mg
 Zat besi0,4 mg

Khasiat dan Manfaat Lemon

Banyaknya kandungan gizi jeruk lemon menjadikannya kaya akan manfaat untuk kesehatan, tubuh, kulit, rambut, mulut, dan gigi. Simak penjelasan yang kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

1. Manfaat lemon untuk mulut dan gigi

Kumur dengan perasan air lemon segar tanpa gula bisa membantu anda mengurangi rasa sakit gigi. Kandungan vitamin c pada lemon bermanfaat untuk menghentikan perdarahan gusi. Selain itu sebagai antiseptik juga bisa mencegah bau mulut yang tidak sedap.

2. Air lemon untuk pencernaan

Lemon yang diseduh dengan air panas bermanfaat untuk membantu meringankan masalah pencernaan. seperti rasa mual, mulas, dan antibakterinya bisa untuk mengatasi parasit. Mengonsumsi buah lemon secara rutin dapat membantu meningkatkan gerak peristaltik perut sehingga pencernaan dalam tubuh kita menjadi lebih lancar. Minum air lemon hangat juga efektif untuk mengatasi mual pada saat asam lambung naik. Akan tetapi perlu diperhatikan agar tidak mencampur dengan susu.

3. Manfaat Jeruk Lemon untuk Perawatan kulit

Membantu Mengatasi Masalah Kulit Kering pada Tumit dan Lutut dengan mengoleskan beberapa irisan lemon pada sisi-sisi kulit yang kering. Biarkan sampai cairannya meresap ke dalam kulit, tunggu beberapa saat dan tidak perlu dibilas. Masker jeruk lemon yang dicampur dengan madu dapat mencerahkan kulit. Untuk masalah kulit wajah yang memiliki pori-pori lebar, mengoleskan perasan jeruk lemon dapat menjadi solusi altrenatif. Tunggu beberapa saat hingga meresap, setelah itu bilaslah dengan air bersih secukupnya.

Manfaat air lemon yang lainnya adalah dapat menjadi obat antiseptik alami, untuk menyembuhkan masalah yang berkaitan dengan kulit. Sejak jaman dahulu sari buah lemon sebagai tanaman obat sudah dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit kulit terutama kudis. Rutin mengonsumsi air jeruk lemon secara teratur akan memberikan efek positif untuk kulit. Fungsi lemon sebagai anti-penuaan atau anti aging, menghilangkan kerutan, dan komedo. Bahkan cukup efektif untuk memudarkan bekas luka.

Baca juga: Manfaat susu kedelai Melilea

4. Menyembuhkan radang tenggorokan

Putri kami gampang sekali terkena sakit tenggorokan, karena tidak tawar terhadap pemanis buatan dan alergi coklat. Lemon adalah pilihan utama untuk mengatasi infeksi tenggorokan, sakit tenggorokan dan tonsilitis akibat bakteri. Dengan cara meminum campuran lemon, madu, dan air hangat.

5. Mengontrol Kalori untuk penurunan berat badan

Di dalam laman Prevention, seorang ahli gizi dari Mayo Clinic Healthy Living Program, Jason Ewoldt, RDN, LD, mengatakan bahwa lemon adalah buah yang memiliki kalori yang rendah dan bagus untuk mengontrol kalori. Terutama untuk yang sedang dalam program menurunkan berat badan. Sebagai pengontrol kalori, jus lemon yang dicampur dengan air hangat dan madu, juga membantu mengurangi berat badan.

6. Manfaat jeruk lemon untuk hipertensi, tekanan darah tinggi

Kandungan kalium yang tinggi di dalam buah lemon menjadikan baik dikonsumsi untuk pengidap penyakit jantung. Kalium juga dapat membantu menstabilkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Di sisi yang lain kalium mampu memberikan efek tenang pada pikiran sehingga sering juga dimanfaatkan sebagai terapi stres, depresi, dan masalah gangguan mental. Diet tinggi kalium juga dipercaya dapat membantu mengontrol tekanan darah tinggi, pusing, dan mual.

7. Membantu penyembuhan sesak napas, batuk, dan pilek

Khasiat jeruk lemon juga dapat membantu dalam menyembuhkan masalah pernapasan, terutama pada orang yang menderita asma. Kandungan vitamin C yang tinggi juga bermanfaat meredakan pilek dan batuk.

8. Mengobati rematik

Manfaat air lemon dapat membantu mengobati rematik serta radang sendi karena buah ini memiliki sifat diuretik, dengan cara mengeluarkan bakteri dan racun dari tubuh.

9. Belum ada yang Tahu

Nah kan.. kena deh.. Lanjut no 10 gan..

10. Manfaat air Jeruk lemon untuk meredakan demam

Minum air lemon hangat dapat meningkatkan produksi keringat, sehingga cocok untuk meredakan flu atau demam.

11. Pembersih darah

Khasiat jeruk lemon selanjutnya bisa membersihkan darah. Penyakit-penyakit seperti kolera atau malaria dapat diobati dengan air lemon karena mempunyai sifat sebagai pembersih darah.

12. Mencegah pembentukan batu ginjal

Lemon dan limau mengandung asam sitrat paling banyak dari buah apa pun, yang membuatnya bermanfaat bagi mereka yang menderita batu ginjal. Menurut University of Wisconsin Health, asam sitrat menghalangi pembentukan batu dan juga memecah batu-batu kecil yang terbentuk. Semakin banyak asam sitrat dalam urin Anda, semakin Anda terlindungi dari pembentukan batu ginjal baru. Setengah cangkir jus lemon murni setiap hari atau 32 ons lemonade memiliki jumlah asam sitrat yang sama dengan terapi farmakologis.

13. Meningkatkan kesehatan jantung

Minum jus lemon sangat membantu bagi orang yang menderita masalah jantung karena mengandung potasium. Manfaat air lemon dapat mengontrol tekanan darah tinggi, pusing, dan mual karena memberikan sensasi menenangkan untuk keduanya, pikiran dan tubuh. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition and Metabolism, asupan air lemon setiap hari yang diimbangi dengan olahraga efektif untuk tekanan darah tinggi. Penelitian lain juga mengingatkan pentingnya makanan kaya vitamin C dalam mencegah berbagai penyakit jantung koroner.

Baca juga: Manfaat Melilea Apple Orchard

14. Manfaat jeruk lemon untuk perawatan rambut

Jus lemon telah terbukti bermanfaat dalam perawatan rambut dalam skala luas. Oleskan buah lemon di kepala untuk mengatasi ketombe, rambut rontok, dan masalah lain yang berkaitan dengan rambut dan kulit kepala. Dengan menerapkan air lemon langsung ke rambut, bisa membuat rambut lebih berkilau secara alami.

15. Menghentikan pendarahan di dalam tubuh

Sifat antiseptik dan koagulan dalam lemon bermanfaat untuk menghentikan pendarahan internal. Dengan cara menyumbat hidung yang mimisan dengan kapas yang dicelupkan ke dalam air lemon.

16. Manfaat jeruk lemon untuk wanita hamil

Memenuhi kebutuhan vitamin C, antioksidan bagi ibu hamil. Kandungan kalium dan kalsium bagus untuk pembentukkan tulang bayi. Jus lemon juga berpengaruh positif terhadap perkembangan otak bayi. Mengurangi atau mencegah pembekakan pada kaki saat hamil.

Efek Samping Minum Air Lemon

Secara umum, lemon sangat baik untuk kesehatan, tetapi jika dikonsumsi berlebihan, dapat menyebabkan masalah refluks lambung atau mulas bagi mereka yang menderita kondisi tersebut. Di sisi yang lain, asam sitrat dapat merusak email pada gigi, menurut World Healthiest Foods. Dianjurkan untuk minum air lemon melalui sedotan, demi meminimalisir kontak dengan gigi.

Sumber referensi yang lain:

  1. https://doktersehat.com/10-khasiat-air-lemon/
  2. https://www.halodoc.com/4-mitos-dan-fakta-tentang-air-lemon
  3. https://www.livescience.com/54282-lemon-nutrition.html