Diet Sehat Tanpa Terasa Lapar

Kunci diet bukan pada mengurangi porsi makan, tetapi lebih pada mengatur pola makan dan jenis makanan yang kita konsumsi. Terlebih bagi anda yang yang ingin diet untuk menurunkan berat badan, tidak perlu mengurangi porsi makan apabila memang tidak berlebihan. Karena hal itu malah akan membuat kita tersiksa dan akhirnya membatalkan niat untuk diet sehat. Tanpa merasa lapar yang berlebihan anda tetap bisa melaksanakan diet sehat dan nyaman.

Tubuh manusia didesain untuk bisa bergerak aktif dan membutuhkan kalori. Untuk itu bergeraklah dan bakar kalori anda, mungkin karena pekerjaan anda yang hanya duduk di belakang meja membuat tidak sempat atau malas untuk berolahraga. Ups.. itu yang terjadi pada saya.. sebagai seorang marketing online dan content writer, yang sering bergerak hanya jari jemari :). Dan betul sekali itu memberikan dampak yang buruk bagi tubuh. Ditambah lagi dengan pola makan yang tidak teratur. Mulai dari ambeien atau wasir, hipertensi, asam lambung, diabetes, sampai katarak.

Mengontrol Kalori dan Menjaga gizi seimbang

Berikut ini cara mengontrol kalori, sebagai bentuk diet sehat menurut ahli gizi:

  1. Langkah pertama untuk diet tanpa mengurangi porsi makan adalah dengan konsumsi buah seperti pear, apel atau pisang juga dianjurkan sebelum makan. Mengganti takaran nasi dengan buah tersebut sudah terbukti berhasil pada banyak orang.
  2. Minum air putih setelah olah raga. Tunggu sekitar 1–2 jam setelah olahraga untuk makan. Menunggu rasa lapar berkurang, biarkan tubuh mengambil cadangan lemak terlebih dahulu.
  3. Jika setelah makan masih belum merasa kenyang, tunggu setengah jam. Dikutip dari laman Harvard Health Publishing, leptin berinteraksi dengan neurotransmitter dopamin di otak untuk menghasilkan perasaan senang setelah makan. Hal ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit, jadi ada baiknya anda makan secara perlahan agar sinyal bisa dikirim pada saat yang tepat.
  4. Makan makanan yang mudah membuat kita kenyang tapi rendah kalori. Beberapa orang cukup puas dengan makan pisang untuk sarapan. Tapi disarankan sebaiknya sarapan makan makanan yang berkalori tinggi saja, sehingga mengurangi kecenderungan kita untuk ngemil. Pisang, apel, pear, terong belanda, dll dimakan sebagai pengganti makan malam saja.
  5. Disiplin. Jika kita bisa berlaku disiplin, misal menentukan waktu untuk sarapan, makan siang, dan makan malam, dan tidak akan makan di luar jam tersebut, tubuh akan membiasakan diri hanya merasa lapar pada jam-jam tersebut saja. Sedikit menahan lapar beberapa hari untuk mengatur ulang jam makan.

Kesimpulan diet tanpa lapar

Jadi untuk diet sehat tanpa perlu merasa lapar, kita perlu mengatur komposisi gizi seimbang, pola makan dan melakukan gerak tubuh untuk membakar kalori. Beragam cara bisa kita lakukakan untuk membentuk tubuh menjadi ideal yang mungkin bisa didapatkan dari internet. Tapi tidak ada jaminan bahwa artikel yang ada di halaman 1 google itu benar. Ada sumber yang dapat dipercaya yang ditulis oleh ahlinya.

Baca juga: Kumpulan artikel Khasiat dan Manfaat Melilea

Mengonsumsi Melilea menjadikan diet anda terasa lebih mudah, di sisi yang lain manfaat untuk detoksifikasi tubuh juga akan didapat. Diawali dengan puasa organik selama seminggu atau yang biasa disebut dengan MeDetox. Untuk selanjutnya cukup minum Melilea setengah atau satu jam sebelum makan. Diramu oleh pakar organik yang memenuhi syarat gizi seimbang bisa digunakan sebagai pengganti makanan utama atau suplemen. Bahkan banyak yang sudah membuktikan khasiat Melilea, keluhan berbagai macam penyakit pun berkurang bahkan hilang seiring waktu konsumsinya.