Bisnis Sampingan

Pada kesempatan ini, Cantik Organik akan membagikan tips untuk menjalankan bisnis sampingan dengan sukses. Yang dibagi menjadi 4 seri artikel, yaitu:

  1. Cara Sukses Menjalankan Bisnis Sampingan
  2. Memilih Bisnis yang Tepat, Simple, dan Menjanjikan
  3. Tips Mengembangkan Bisnis dengan Digital Marketing
  4. Level up, Bisnis Sampingan dengan Automatisasi

Dewasa ini mempunyai usaha sampingan menjadi tren bisnis dalam masyarakat. Hal tersebut selain karena makin tingginya tuntutan pemenuhan kebutuhan hidup dibanding gaji yang diperoleh dari tempat kerja. juga banyak dilakukan individu sebagai untuk pembuktian eksistensi diri lewat pengembangan hobi yang dimiliki.

Pendapatan yang bisa diperoleh lewat usaha sampingan ini pun bisa sangat besar dan lebih dari gaji ditempat kerja jika dilakukan dg serius dan konsisten. Namun kesibukan sebagai seorang karyawan di tempat kerja utama yang setiap hari harus berangkat ke kantor, tentu akan mengalami kesulitan jika ingin fokus penuh menjalankan bisnis sendiri. Oleh karena itu, salah satu solusinya dengan memulai usaha dan bisnis sampingan yang bisa dikerjakan di sela-sela pekerjaan utama.
Sebagai karyawan yang sambil berbisnis, Anda harus pintar-pintar menyusun strategi yang pas sehingga tidak mengurangi kualitas pekerjaan utama dan usaha sampingan yang sedang Anda jalankan. Berikut ini tips cara nya :

1. Buat jadwal yang ketat

Sebelum Anda memulai usaha sampingan, yang pertama harus Anda lakukan adalah mengatur jadwal tubuh dan diri anda. Hal ini akan sangat membantu Anda memprioritaskan setiap waktu yang dimiliki.

Jadwal yang ketat akan memisahkan dengan jelas waktu kapan Anda mengerjakan pekerjaan utama sebagai karyawan, dan kapan mengerjakan bisnis sampingan Anda.

Buat jadwal yang ketat, artinya jadwal ini harus anda lakukan sesuai deadline dan berdasarkan prioritas waktu, konsisten dan dan memiliki komitmen yang kuat. Dan jangan lupa mengkoordinasikan jadwal tersebut dengan pasangan dan keluarga.

2. Fokus saja pada satu bisnis

Kita boleh saja menjalankan beberapa bisnis atau usaha sampingan, namun jika Anda masih baru dan belum berpengalaman dalam dunia bisnis, akan lebih baik fokus pada 1 bidang bisnis terlebih dahulu.

Kenapa?
Karena Anda masih memiliki tanggung jawab pekerjaan sebagai karyawan. Dimana anda harus tetap profesional dalam profesi utama Anda saat ini. Ingat, bisnis yang akan anda jalankan bersifat usaha sampingan.
Dari banyak ide bisnis, hendaknya pilih satu bisnis yang sekiranya mampu Anda jalankan dalam kapasitas Anda sebagai karyawan.

Sesuaikan jenis usaha sampingan dengan minat, kebutuhan, kemampuan dan waktu yang Anda miliki. Jangan sampai mengganggu profesi utama Anda sebagai karyawan di perusahaan.

3. Buat rencana bisnis dengan matang

Setelah Anda memutuskan akan berbisnis apa, tips selanjutnya adalah buatlah sebuah rencana usaha yang matang. Jika Anda ingin sukses menjalani usaha sampingan, Anda harus benar-benar merencanakan bisnis dengan membuat rencana bisnis yang jelas dan terukur.

Dengan rencana bisnis, Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis Anda nantinya. Rencana bisnis akan mempermudah kemajuan bisnis kedepan.

Dalam rencana bisnis yang akan anda buat, hendaknya sesuaikan dengan kondisi Anda sekarang dan beberapa waktu kedepan. Misalnya, apakah bisnis ini akan mengurangi profesionalitas anda sebagai karyawan atau tidak? Perhitungkan dengan baik agar Anda bisa menjalankan 2 profesi sekaligus dan tidak mengorbankan salah satunya.

Dengan rencana bisnis, meskipun ini adalah bisnis sampingan, bisnis Anda akan memiliki arah yang jelas dan memiliki pedoman yang harus Anda jalankan.

Jangan lupa memperhitungkan dengan benar sumberdaya yang anda miliki. Modal yang anda butuhkan. Capaian yang anda inginkan secara detail dan berkala. Juga cara mencapainya. Serta kendala yang anda perhitungkan akan anda temui di lapangan. Dalam membuat rencana bisnis ini anda dapat meminta masukan dari teman atau keluarga yang mungkin telah memiliki pengalaman. Anda juga dapat mengadakan riset kecil kecilan misalnya dengan menanyakan secara acak pada individu sekitar anda tentang apa yang anda target kan sebagai sumber data. ( bersambung )