Artikel berikut membahas komparasi susu sapi vs susu kedelai. Di negara kita susu sapi lebih umum diminum daripada susu kedelai. Masyarakat menilai kandungan gizi susu sapi jauh lebih tinggi sehingga lebih sehat dikonsumsi terutama untuk anak anak.

Namun tahukah anda menurut hasil penelitian menemukan bahwa Negara yang mengkonsumsi susu sapi lebih banyak malah menyebabkan masalah keropos tulang lebih tinggi. Susu sapi kaya dengan kalsium, namun nyatanya saat susu sapi tersebut masuk ke dalam tubuh kita malah menyebabkan darah kita menjadi asam, secara otomatis hal ini membuat kalsium alami yang ada didalam tubuh kita akan keluar untuk menetralkannya; memang susu kacang kedelai memiliki jumlah kalsium yang lebih sedikit dari susu sapi, tetapi daya serat ke dalam tubuh jauh lebih baik dan lebih mudah.

Susu sapi, makanan berbasis hewani, memiliki tingkat pencemaran yang lebih tinggi, dengan mudah menyebabkan akumulasi toxic dan jerawat misalnya. Susu kedelai memiliki banyak manfaat kesehatan, jadi ingatlah untuk minum satu cangkir susu kedelai untuk mengisi nutrisi setiap hari.

Berikut ini perbandingan komposisi antara susu kedelai dan susu sapi:

KomposisiSusu KedelaiSusu Sapi
Kalori (Kkal)Protein (gram)

Lemak (gram)

Karbohidrat (gram)

Kalsium (mg)

Fosfor (gram)

Besi (gram)

Vitamin A (SI)

Vitamin B1 (tiamin)(mg)

Vitamin C (mg)

41,003,50

2,50

5,00

50,00

45,00

0,70

200,00

0,08

2,00

61,003,20

3,50

4,30

143,00

60,00

1,70

130,00

0,03

1,00

Sumber : Budimarwanti (Komposisi dan Nutrisi pada Susu Kedelai)

Susu sapi vs susu kedelai organik

Susu Sapi

Kandungan lemak dan kalori yang lebih tinggi menjadikan susu sapi tidak cocok untuk diet menurunkan berat badan. Alih-alih menurunkan berat, dengan rajin mengonsumsi susu sapi atau produk turunannya malah bisa membuat berat badan anda naik.

Serbuk Susu Kedelai Organik

Saat ini sudah ada serbuk kedelai yang terbuat dari bahan organik dan mendapatkan penghargaan sebagai makanan organik bintang 5. Sebuah produk nutrisi dari Melilea yang kaya akan manfaat susu kedelai untuk kesehatan dan kecantikan. Susu kedelai Melilea ini juga diproses tanpa menggunakan zat kimia untuk menjaga ke-organik-kannya.

Cara minum susu kedelai Melilea

Cara penyajian susu kedelai Melilea ini sangat mudah, cukup tuangkan 2 sendok takar ke dalam air (panas atau dingin). Aduk sampai berbusa, atau bisa dikocok di dalam shaker Melilea, sudah bisa langsung dinikmati. Apabila anda ingin minum susu kedelai ini untuk diet, maka anda bisa mengganti sarapan pagi anda dengan segelas susu kedelai Melilea.