Jaga kesehatan tulang, cara mencegah terjadinya Osteoporosis

Tingkat regenerasi sel tulang manusia akan mulai menurun ketika menginjak usia 30 tahun, khususnya bagi wanita yang sudah memasuki masa menopause. Kondisi ini akan berakibat pengurangan kepadatan tulang yang membuat kekuatan tulang berkurang. Namun hal ini bisa dirubah jika kita mau menerapkan pola hidup sehat. Berikut tips yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya osteoporosis

1. Tingkatkan kepadatan tulang dengan mengkonsumsi makanan tinggi kalsium seperti Susu Kedelai, Wijen Hitam, Almond, Salmon dan ikan Sardine.
2. Berjemur di bawah sinar matahari pagi, setidaknya 15 – 30 menit setiap harinya.
3. Melakukan olah raga ringan seperti jalan, lari, taichi, dan yoga secara rutin setiap hari.
4. Hindari alkohol dan merokok.
5. Hindari obat-obatan yang bisa mengganggu sistem metabolisme kalsium seperti obat-obatan steroid.

Penyebab Terjadinya Penyakit Osteoporosis

Ada banyak faktor yang menyebabkan teradinya osteoporosis, pengkroposan kepadatan tulang. Faktor usia dan kurangnya konsumsi kalsium bisa jadi penyebab utama osteoporosis. Karena semakin tua usia kita, maka kemampuan tulang untuk regenerasi semakin berkurang. Selain itu berikut ini kami jabarkan faktor-faktor penyebab meningkatnya resiko osteoporosis:

  1. Faktor Bawaan Keluarga

    Adanya riwayat dari anggota keluarga yang mengidap penyakit osteoporosis

  2. Jenis Kelamin

    Perempuan biasanya lebih mudah terserang osteoporosis, khususnya wanita yang sudah menopause.

  3. Terlalu banyak minum minuman beralkohol.

    Selain diharamkan menurut ajaran agama Islam, “Alkohol bisa mengganggu kerja pankreas, penyerapan kalsium dan vitamin D. Alkohol juga berpengaruh negatif pada liver yang sangat penting untuk mengaktifkan vitamin D,” kata Primal Kaur, dokter spesialis osteoporosis dari Temple University Health System, Philadelphia, Amerika Serikat. Kaur juga menambahkan, alkohol bisa mematikan sel-sel pembentuk tulang atau osteoblas.

    Selain itu, alkohol juga mengganggu kerja berbagai hormon yang penting untuk kesehatan tulang. Beberapa penelitian menunjukkan alkohol mengurangi estrogen, sehingga memicu gangguan haid. Pengurangan jumlah estrogen membuat proses pembentukan tulang menjadi lambat sehingga tulang menjadi rapuh. Hal ini lebih cepat terjadi di usia menopause.

    Disadur dan diedit dari https://lifestyle.kompas.com/read/2010/11/06/07202916/bagaimana.alkohol.merusak.tulang.

  4. Malabsorpsi (usus tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan)

  5. Konsumsi obat dalam jangka panjang

    Pemakaian obat-obatan yang memengaruhi kekuatan tulang atau kadar hormon dalam waktu yang lama, seperti prednisolon.

  6. Adanya peradangan pada organ tubuh

    Seperti penyakit paru obstruktif kronis/COPD (chronic obstructive pulmonary disease), rheumatoid arthritis, dan penyakit Crohn.

Susu Kedelai Melilea cegah terjadinya Osteoporosis

Susu kedelai Melilea memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi, dimana kalsium ini berperan dalam pembentukan tulang. Walaupun kandungan kalsium susu kedelai lebih rendah bila dibandingkan dengan susu sapi, akan tetapi menurut beberapa penelitian, daya serap susu kedelai ke dalam tubuh jauh lebih baik dan lebih mudah. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa banyak efek kesehatan yang justru merugikan datang dari konsumsi susu sapi. Diantaranya adalah, ternyata tubuh sebenarnya kesulitan menyerap kalsium yang susu sapi, terutama susu sapi hasil pasteurisasi. Ternyata susu sapi juga meningkatkan laju pengurangan kalsium di dalam tulang. Susu sapi menyebabkan pH tubuh menurun (menjadi lebih asam) setelah diproses oleh tubuh, sehingga tubuh harus menetralkan pH untuk mencapai keadaan netral. Proses penetralan ini menggunakan kalsium yang bersifat basa.

baca juga:

  1. susu sapi vs susu kedelai
  2. Manfaat susu kedelai untuk kesehatan

Kandungan susu kedelai selain banyak memiliki vitamin B, vitamin D, dan vitamin E, susu kedelai juga memiliki kandungan kalsium tambahan sehingga bisa memenuhi kebutuhan kalsium. Kandungan susu kedelai yang lain adalah phytoestrogen atau isoflavon. Yang berfungsi seperti hormon estrogen sehingga bisa menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dengan baik. Alasan inilah yang membuat susu kedelai cocok dikonsumsi manusia usia lanjut, baik pria maupun wanita.

Kandungan phytoestrogen pada susu kedelai ternyata membuat regenerasi tulang dari sel-selnya yang disebut sebagai proses osteoblastik menjadi lebih baik. Sehingga tulang pun bisa diregenerasi dengan baik dan kekuatannya terjaga hingga usia tua.

Dapatkan Susu kedelai Melilea di Melilea Surabaya

Gunakan fasilitas toko online Cantik Organik untuk pembellian susu kedelai Melilea, cegah teradinya osteoporosis sedari dini. Atau silahkan kunjungi griya Cantik Organik – Distributor Melilea Surabaya